MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















<< KEMBALI

07/12/2018
1. Bimbingan Teknis Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal

Perpustakaan memiliki peran dan fungsi strategis dalam mendukung pengembangan pendidikan diberbagai jenjang.  Perpustakaan perguruan tinggi, khususnya, berperan dalam mendukung tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu, Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal sebagai pusat atau jantung dari Universitas menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan dengan tema "Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perpustakaan Fakultas Terintegrasi". pelaksanaan Bimtek digelar di ruang UPT PUSKOM Kantor Rektorat, Kamis 6 Desember 2018. Dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang 1, Bapak Ir. Suyono, M.Pi., Ibu Nani Hestuti S.I.Pust selaku Kepala Perpustakaan Pusat serta dihadiri oleh pengelola Perpustakaan Fakultas yang baru saja dibuatkan website dan program perpustakaan. Diantaranya dari Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta pengelola Perpustakan Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal.

Kepala Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal, Ibu Nani Hestuti, S.I.Pust dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para pengelola perpustakaan fakultas yang bersedia hadir untuk mengikuti BIMTEK. Beliau berharap perpustakaan fakultas juga ikut berperan dalam peningkatan pelayanan kepada pengguna, serta dengan BIMTEK ini para pengelola perpustakaan fakultas dapat menjadi pustakawan-pustakawan yang ahli dibidangnya.

Wakil Rektor Bidang 1, Bapak Ir. Suyono, M.Pi. yang membuka pelaksanaan Bimtek Perpustakaan menyambut gembira, apa yang diharapkan yaitu agar perpustakaan fakultas juga terus aktif dan ikut andil dalam membantu proses Akreditasi di lingkungan Universitas. “Semoga dengan bimbingan teknis khusus perpustakaan ini bisa menaikkan nilai yang terbaik dalam akreditasi nanti,” paparnya.

Sementara itu, dimana perpustakaan bisa dilihat dari sebagaimana Undang-Undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan mendefinisikan perpustakaan sebagai institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Oleh sebab itu sudah menjadi tugas Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal untuk bisa menjadi contoh dan membimbing perpustakaan fakultas agar nantinya bisa mandiri dan menciptakan SDM yang kompeten dalam pengaplikasian di perpustakaan.

 

IMG_4850.JPG