MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















Jenis : Skripsi
Letak : Referensi
Status : Ada
AccNo : 17135000490
Judul : KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen pada Pokok Bahasan Trigonometri pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017)
Subjek : Pendidikan Matematika
Pengarang : Fatkhurozi
Prodi : Pendidikan Matematika
Pembimbing : Drs. Suwandono, M.Pd. Drs. Paridjo, M.Pd.
Tahun : 2017
Abstrak: FATKHUROZI. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horray terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Eksperimen pada Pokok Bahasan Trigonometri pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd,
Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd,

Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Course Review Horray , Keaktifan , dan Prestasi Belajar Matematika

Sebagian besar peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes mempunyai keaktifan dan prestasi belajar matematika yang rendah. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran Course Review Horray. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan: (1) Keaktifan belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Course Review Horray lebih baik daripada menggunakan model ekspositori, (2) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Course Review Horray lebih baik daripada menggunakan model ekspositori, (3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Course Review Horray dengan yang menggunakan model ekspositori.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes dengan jumlah populasi 210 peserta didik dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X IPA 3 dan X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 5 dan X IPA 6 sebagai kelas kontrol, serta kelas X IPA 1 sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah (1) uji t pihak kanan pada hipotesis 1 dan 2, (3) uji manova one-way pada hipotesis 3. Dimana sebelumnya data berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Brebes dapat disimpulkan : (1) Keaktifan belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Course Review Horray lebih baik daripada menggunakan model ekspositori, (2) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Course Review Horray lebih baik daripada menggunakan model ekspositori, (3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Course Review Horray dengan yang menggunakan model ekspositori.

Kembali