MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















Jenis : Penelitian
Letak : Referensi
Status : Ada
AccNo : 10/02/2018/b
Judul : EVALUASI FORMATIF BAHAN AJAR EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PEMA4302)
Subjek : MATEMATIKA
Pengarang : PURYATI, PARIDJO
Tahun : 2014
Lampiran : 1. LAPORAN PENELITIAN BAHAN AJAR.pdf
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis ketepatan isi pada modul, mengidentifikasi
desain instruksional modul, menganalisis pendapat mahasiswa mengenai kejelasan modul pada
evaluasi satu-satu, menganalisis pendapat mahasiswa mengenai kualitas modul pada evaluasi
kelompok kecil dan menghasilkan prototipe modul .
Penelitian ini melalui empat tahap yaitu 1) review ahli; 2) evaluasi satu-satu; 3)
evaluasi kelompok kecil; 4) ujicoba lapangan. Namun dalam penelitian ini hanya dilaksanakan
sampai dengan tahap evaluasi kelompk kecil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif. Sedangkan narasumber dalam penelitian ini adalah dua orang ahli materi dan satu
orang ahli desain instruksional. Selain itu peneliti juga melibatkan mahasiswa yang belum
mengambil mata kuliah Evaluasi Pembelajaran matematika sebagai partisipan.
Pada tahap awal yaitu tahap review ahli, ahli materi akan menganalisis kebenaran/akurasi
isi, kemutakhiran isi, cakupan/keluasan isi, kedalaman isi. Sedangkan ahli desain instruksioanl
akan melihat bagaimana kesesuaian isi dengan tujuan instruksional dan kesesuaian isi dengan
strategi instruksioanal. Setelah modul direvisi berdasarkan masukan para ahli, dilanjutkan pada
tahap evaluasi satu-satu dengan memilih mahasiswa yang mempunyai low, middle, high
achievement. Informasi yang diharapkan pada tahap ini adalah tentang Clarity (kejelasan),
Impact (dampak) dan Feasibility (kelayakan). Kemudian modul direvisi dan dilanjutkan dengan
pengambilan data pada tahap evaluasi kelompok kecil. Informasi yang didapat pada tahap
kelompok kecil lebih detail dari pada evaluasi satu-satu. Pada penelitian ini pengumpulan data
dilakukan secara triangulasi yang menggabungkan teknik pengumpulan data dokumentasi,
kuesioner, wawancara, dan observasi.
Kembali