MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















Jenis : Penelitian
Letak : Referensi
Status : Ada
AccNo : 09052015
Judul : PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal)
Subjek : Pendidikan Ekonomi
Pengarang : Dewi Amaliah Nafiati, Neni Hendaryati
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Tahun : 2015
Lampiran : 1. Laporan Akhir PDP.pdf
Abstrak: Kecerdasan terbagi dalam tiga ranah, yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Ketiga kecerdasan ini saling mendukung dalam rangka pembentukan karakter dan pribadi yang baik bagi calon guru. Kecerdasan intelektual merupakan jenis kecerdasan tentang bagaimana seseorang mengembangkan kemampuan untuk berpikir, mengolah dan menguasai lingkungan secara baik dan terarah. Kecerdasan emosional adalah kemampuan merasakan, memahami, dan secara efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi, informasi, koneksi, dan pengaruh yang manusiawi. Kecerdasan spiritual memberi kesempatan seseorang untuk berpikir kreatif, inovatif, memiliki wawasan yang luas sehingga mampu menjalankan semua tugas dengan baik. Ketiga kecerdasan tersebut bersinergis dalam rangka menciptakan guru yang profesional. Upaya menciptakan guru yang profesional salah satunya dengan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian sebelumnya mengatakan bahwa kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk menguji kecerdasan intelektual, emosional, spiritual sebagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan PPL (studi kasus pada program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UPS Tegal).
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh positif baik secara parsial dan simultan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual terhadap Keberhasilan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan uji statistik regresi linier berganda. Adapun hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa 74,1% kecerdasan intelektual, emosional, spiritual berpengaruh simulten terhadap keberhasilan PPL sedangkan 26,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi sistem pendidikan tinggi kependidikan yang telah diterapkan dengan melakukan sinergi antara kecerdasan intelektual, emosional, spiritual sehingga Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat mewujudkan calon guru ekonomi yang berkualitas.

Kata Kunci: kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Kembali