MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















Jenis : Skripsi
Letak : Referensi
Status : Ada
AccNo : 01108500865
Judul : PENGARUH BERPACARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI TARUB KABUPATEN TAGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Subjek : Bimbingan Konseling
Pengarang : YUNI ANDRIYANI
Prodi : Bimbingan dan Konseling
Pembimbing : Dra. Sri Sumarsih M.Pd. Drs.Soebianto, M.Pd.
Tahun : 2014
Abstrak: Kata Kunci : Berpacaran dan Motivasi Belajar

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh berpacaran pada peserta didik Kelas VIII SMP PGRI Tarub Tahun Pelajaran 2012/2013, Bagaimanakah motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP PGRI Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, Apakah ada pengaruh berpacaran terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP PGRI Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah pengaruh berpacaran pada peserta didik Kelas VIII SMP PGRI Tarub Tahun Pelajaran 2012/2013, Bagaimanakah motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP PGRI Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, Apakah ada pengaruh berpacaran terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP PGRI Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013?
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP PGRI Tarub Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 80 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 23 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi population dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah berpacaran (variabel bebas) dan motivasi belajar (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Aplha cronbach.
Berdasarkan hasil analisis data di atas diperoleh Hasil rhitung (korelasi rxy) sebesar 0.933 ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 23 taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel= 0,413 sehingga dengan demikian rhitung> r tabel (0,933 > 0,413). Karena rhitung lebih besar dari nilai r tabel, maka dalam penelitian ini mengemukakan bahwa ‘Tidak Ada Pengaruh berpacaran terhadap motivasi belajar Pada Peserta didik”, ditolak. Hal ini berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “Ada Pengaruh berpacaran terhadap motivasi belajar Pada Peserta didik. diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adalah terdapat pengaruh berpacaran terhadap motivasi belajar pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI Tarub. Saran Pengaruh berpacaran dalam kategori cukup, maka pelaksanaannya perlu ditingkatkan menjadi kategori tinggi, maka pelaksanaannya perlu ditingkatkan menjadi kategori tinggi konstribusinya adalah 87% sedangkan 13% dipengaruhi factor lain.
Kembali