MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















Jenis : Skripsi
Letak : Referensi
Status : Ada
AccNo : 0110500065
Judul : PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA PENGEMBANGAN SIKAP PROAKTIF BERORGANISASI DI SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Studi Pada Pengurus Organisasi OSIS)
Subjek : FKIP
Pengarang : FIRDHA NOVIANA
Prodi : Bimbingan Konseling
Pembimbing : Dr. Dino Rozano, M.Pd. Drs. Soebianto, M.Pd.
Tahun : 2014
Abstrak: Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Sikap Proaktif Berorganisasi

Peran sekolah dalam hal ini sangat penting, oleh karena itu sekolah harus dapat menyiapkan wadah yang memadai, sehingga peserta didik dapat menyalurkan bakat dan minatnya, yang pada akhirnya memperoleh pengalaman positif untuk masa depannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Sikap proaktif berorganisasi peserta didik SMK PGRI 1 Taman Pemalang sebelum layanan bimbingan kelompok. 2) Sikap proaktif berorganisasi peserta didik SMK PGRI 1 Taman Pemalang setelah layanan bimbingan kelompok. 3) Peran layanan bimbingan kelompok pada pengembangan sikap proaktif berorganisasi di SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus OSIS SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 80 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif prosentase dan uji t-test.
Dari hasil analisis diketahui sikap proaktif berorganisasi peserta didik SMK PGRI 1 Taman Pemalang sebelum layanan bimbingan kelompok dalam keadaan sangat buruk sebanyak 22 peserta didik (27,5%). Sedangkan sikap proaktif berorganisasi peserta didik SMK PGRI 1 Taman Pemalang setelah layanan bimbingan kelompok meningkat baik sebanyak 23 peserta didik (28,8%). Dari perhitungan t-test diperoleh nilai thitung sebesar 15,321. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 80 – 1 = 79 dimana diperoleh ttable = 2,000 ternyata thitung = 15,321 > ttabel = 2,000 yang berarti “Ada peran layanan bimbingan kelompok pada pengembangan sikap proaktif berorganisasi peserta didik SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
Dengan adanya perlakuan yaitu layanan bimbingan kelompok pada peserta didik, maka peserta didik mendapatkan solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan sikap proaktif berorganisasi. Saran yang penulis ajukan sebagai berikut, adanya peran layanan bimbingan kelompok, maka perlu ditingkatkan sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan sikap proaktif pengurus OSIS dalam berorganisasi di SMK PGRI I Taman Pemalang tahun pelajaran 2013/2014.

Kembali