MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















Jenis : Skripsi
Letak : Referensi
Status : Ada
AccNo : 0101500057
Judul : KEMAMPUAN MEMBEDAKAN PARAGRAF DEDUKTIF DAN PARAGRAF INDUKTIF PADA SISWA KELAS XI SMA AL IRSYAD TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Subjek : FKIP
Pengarang : Kartika Wijayanti
Prodi : PBSID
Pembimbing : Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Sutji Muljani, M.Hum.
Tahun : 2014
Abstrak: Kata Kunci : Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran paragraf deduktif dan paragraf induktif pada siswa kelas XI SMA Al Irsyad kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 dan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI SMA Al Irsyad kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 dalam membedakan paragaraf deduktif dan paragraf induktif dalam Bahasa Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, sebanyak 148 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes essay kemampuan membedakan paragraf deduktif dan paragraf induktif. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu dengan merekap nilai siswa, menghitung nilai rata-rata dan menghitung persentase nilai.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pembelajaran Paragraf deduktif dan paragraf induktif pada siswa kelas XI SMA Al Irsyad kota Tegal menggunakan metode ceramah. Guru mengadakan ulangan harian untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang digunakan sebesar 75 dan hasil kemampuan siswa membedakan paragraf deduktif dan induktif melalui uji instrumen sudah memenuhi tingkat validitas dan reliabilitas dengan diketahui N = 27 dan taraf signifikansi 5% dari tabel r-product moment. Tingkat validitas diperoleh r-hitung 0,513 dan setelah dikonsultasikan ke dalam tabel r-product moment diperoleh r-tabel sebesar 0,381, berarti r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,513 > 0,381), maka dapat disimpulkan instrumen tersebut valid, sedangkan pada tingkat reliabilitas diperoleh r-hitung 0,687 dan setelah dikonsultasikan ke dalam tabel r-product moment diperoleh r-tabel sebesar 0,381, berarti r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,687 > 0,381), maka dapat disimpulkan instrumen tersebut reliabel. Setelah diadakan tes kepada siswa sampel, maka dapat disimpulkan data kemampuan siswa kelas XI SMA Al Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 dalam membedakan paragraf deduktif dan paragraf induktif sebesar 76,25 tergolong baik. Siswa yang mendapat nilai ≥ 75 sebanyak 24 siswa dengan jumlah persentase sebesar 75% dan siswa yang mendapat nilai < 75 sebanyak 8 siswa dengan persentase sebesar 25 %.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk kajian ini perlu dikembangkan karena sangat relevan bagi perencanaan, pembinaan, dan pengembangan bahasa indonesia, khususnya kajian tata bahasa mengenai paragraf deduktif dan paragraf induktif.
Kembali