MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















Jenis : Skripsi
Letak : Referensi
Status : Ada
AccNo : 0101500032
Judul : KEEFEKTIFAN METODE P2R PADA PEMBELAJARAN MEMBACA EKSTENSIF UNTUK MENEMUKAN MASALAH UTAMA DALAM BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TARUB
Subjek : FKIP
Pengarang : Dwi Saefudin Zuhri
Prodi : PBSID
Pembimbing : Dra. Sri Mulyati, M.pd. Drs. Tri Mulyono, M.Pd.
Tahun : 2014
Abstrak: Kata Kunci : Pembelajaran membaca ekstensif, Masalah utama dalam berita, Metode P2R.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pembelajaran keterampilan membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dalam berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarub , mendeskripsikan penggunaan metode P2R pada pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dalam berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarub dan mendeskripsikan keefektifan keterampilan membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dalam berita sesudah diterapkan metode P2R pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarub.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarub, sebanyak 316 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 64 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu tes essay kemampuan menemukan masalah utama dalam berita. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu dengan merekap nilai siswa, menghitung nilai rata-rata dan menghitung persentase nilai.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keefektifan proses pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dalam berita dengan mengunakan metode P2R. Berdasarkan data hasil perhitungan pretes dan postes pada kelas eskperimen diperoleh bahwa nilai t = 9,8 dan data hasil perhitungan pretes dan postes kelas kontrol pengajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dalam berita dengan metode P2R diperoleh bahwa t= 4,68 ini berarti bahwa siswa yang diajar dengan metode P2R memperoleh kemampuan membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dalam berita lebih rendah dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode P2R.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan Sebelum pelaksanan pembelajaran khususnya membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dalam berita sebaiknya guru menjelaskan kepada siswa pentingnya pembelajaran membaca ekstensif tersebut agar semangat dan termotivasi dan memberikan variasi-variasi dalam proses pembelajaran misalnya dengan metode P2R untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dalam berita.

Kembali