MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI














writing service bachelor

Bedah Buku ZIKIR ANFAS dan SIDIK WARNA SPRAY BIOFUEL

Sebagai upaya meningkatkan minat baca dan budaya literasi di kalangan civitas akademik, khususnya di UPS Tegal, UPT Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal menggelar bedah buku. Kegiatan melek literasi ini bertempat di Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal, Senin, 4 November 2019.

Menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Ust Toha Maksum pengarang buku “ZIKIR ANFAS”. Lalu ada Dr. Agus Wibowo, M.T selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal serta pengarang buku “SIDIK WARNA SPRAY BIOFUEL”. Namun, narasumber pertama yaitu Ust Toha Maksum berhalangan hadir, dikarenakan beliau masih sakit. Perpustakaan Pusat tentu sangat menyayangkan hal ini, untuk itu Perpustakaan Pusat selaku penyelenggara meminta maaf kepada pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, terutama untuk para peserta dan civitas akademika Universitas Pancasakti Tegal.

Acara ini dihadiri mahasiswa dan dosen. Kegiatan bedah buku ini dilaksanakan UPT Perpustakaan sebagai kegiatan peningkatan minat baca, minat kunjungan perpustakaan, dan tujuan utamanya mengkaji literatur sebagai inspirasi dan motivasi dalam menulis, riset dan kegiatan ilmiah lainnya.

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Pancasakti Tegal, Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Dalam sambutannya rektor mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Perpustakaan Pusat, apalagi diera teknologi sekarang yang sangat mempengaruhi minat baca para mahasiswa ataupun dosen. Bapak rektor juga berharap kegiatan bedah buku ini dapat memacu para dosen untuk menulis dan menuangkannya kedalam buku untuk kemudian dapat diliterasikan kepada khalayak umum, khususnya untuk civitas akademika.

Dalam penyampaiannya,  Dr. Agus Wibowo, M.T menerangkan isi bukunya tersebut, Dr Agus memulai dengan pengujian awal terhadap uji komposisi asam lemak dari minyak nabati minyak jarak, minyak kapuk, minyak kelapa dan minyak sawit. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian sifat fisik dan kimianya. Setelah itu, dilakukan dengan pengujian nyala api spray pembakarannya. Hal itu untuk mengetahui pengaruh polaritas minyak nabati terhadap tahap pembakaran dan sidik warna pembakaran. Buku tersebut merupakan hasil penelitian disertasinya yang sudah dinyatakan lulus oleh tim penguji untuk meraih gelar doktor di program doktoral (S3) Fakultas Teknik Mesin Universitas Brawijaya Malang.