MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















Literasi Pustaka FPPTI Jawa Tengah

UPS - Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Literasi Pustaka ke Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Telkom University dan Universitas Pendidikan Indonesia, tanggal 10-13 April 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh 31 peserta dari 18 perguruan tinggi di Jawa Tengah. Salah satunya dari Universitas Pancasakti Tegal yang diwakili oleh Kepala Perpustakaan, Ibu Nani Hestuti, S.I.Pust.

Kunjungan pertama Literasi Pustaka di Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI) yang langsung disambut oleh Kepala Bidang Layanan Koleksi Umum, Drs. Agus Sutoyo, M.Si beserta pustakawannya dan diterima oleh Ketua FPPTI Jawa Tengah, Wiji Suwarno. Dalam kesempatan tersebut FPPTI Jawa Tengah melakukan penandatanganan MoU antara Perpusnas RI dan perpustakaan anggota FPPTI Jawa Tengah. Selain MOU, turut dibahas pula kolaborasi Indonesia One Search (IOS) antar Perpusnas RI dengan perpustakaan anggota FPPTI Jawa Tengah.

Perpustakaan Nasional memberikan fasilitas dan pelayanan yang lengkap dan istimewa untuk para penggunanya. Selain layanan koleksi anak dan lantai layanan naskah kuno, ada juga area VVIP yang diperuntukkan untuk tamu dan dilengkapi dengan tempat baca yang luas dan nyaman. Perpustakaan Nasional sendiri memiliki 24 lantai, karena tidak mungkin dalam satu hari mengunjungi semua lantai, maka rombongan tour literasi tidak bisa berlama-lama. Sebagai hadiah, semua peserta literasi dipersilahkan untuk membawa buku-buku terbitan Perpusnas RI yang nantinya bisa dijadikan koleksi di perpustakaannya masing-masing.

 

Pada hari kedua, kunjungan selanjutnya ke Perpustakaan Telkom University. Telkom University Open Library berdiri di atas area tanah seluas 3.200 m2 dengan kapasitas 1.000 orang, yang dilengkapi oleh fasilitas yang membantu dan bisa digunakan pemustaka seperti halnya katalog digital, mini teater, ruang diskusi, akses wifi, ruang multimedia, ruang akses koleksi digital dan ruang ibadah. fasilitas-fasilitas tersebut dapat diakses oleh para pengunjung secara gratis.

Untuk memudahkan pengoperasiannya, perpustakaan ini didukung oleh sistem informasi yang terintegrasi yang dapat mengolah dan mengelola berbagai koleksi pengetahuan serta layanan Open Library.

 

Kunjungan terakhir di Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia, perpustakaan yang sedang focus mearih ISO 9000: 2015 ini pada tahun 2016 berhasil meraih penghargaan Usage Award 2016 dari Springer Nature. Prestasi yang membanggakan ini merupakan hasil partisipasi seluruh sivitas akademika UPI yang aktif memanfaatkan e-Books Springer terbitan tahun 2014 sampai 2016. Selain itu, 1 lantai baru di tingkat teratas sudah memiliki desain bangunan yang luas dengan pencahayaan bagus.

Kegiatan Literasi Pustaka ini bertujuan untuk menambahpengetahuan dan mencari inspirasi dari Perpustakaan-perpustakaan yang telah maju. Selain itu dapat juga , mempererat silaturrohim, kebersamaan, sharing, dapat belajar dari perpustakaan yg lebih maju, membuka wawasan yg bisa dijadikan referensi untuk kemajuan perpustakaan masing-masing.