MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















PENGGUNAAN KOLEKSI

Klasifikasi yang dipakai di dalam UPT Perpustakaan Universitas pancasakti Tegal menggunakan sisten klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification). Berdasarkan kepentingan pemustaka, koleksi UPT Perpustakaan Universitas Pancasakti Tegal dibedakan menjadi 5, yaitu :

  1. Koleksi Sirkulasi, adalah koleksi yang boleh dipinjam dan dibawa pulang oleh pemustaka.
  2. Koleksi Referensi, adalah koleksi-koleksi yang hanya dibaca di tempat atau difoto copy, jenis koleksi : skripsi, kamus ensiklopedi, direktori, atlas dll. Skripsi yang boleh difoto copy adalah : daftar isi, pendahuluan, kesimpulan, daftar pustaka dll.
  3. Koleksi Serial, adalah koleksi-koleksi berseri/berkala contoh : surat kabar, majalah, jurnal, makalah, hasil peneltian, kliping dll. Koleksi ini hanya dapat dibaca di tempat atau difoto copy.
  4. Koleksi Audio Visual,koleksi audio visual yang dimiliki anatara laian berupa kaset dan CD dll. Dalam waktu dekat pemustaka dapat menggunakan TV dan Komputer untuk membaca CD. Pemustaka dapat menggunakan ruang audio visual untuk berdiskusi sambil melihat Film di layar LCD.
  5. Koleksi E-Document (buku tertentu) : Skripsi, Thesis, Desertasi, Laporan Penelitian, Laporan Pengapdian Masyarakat, Modul dll