MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI

















PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

Latar Belakang

Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti  Tegal berkedudukan di Jalan Halmahera Tegal, Perpustakaan Pusat Universitas ini berada di tengah-tengah bangunan yang lain, sebelah utara gedung Yayasan Pancasakti Tegal, sebelah barat ruang kuliah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, sebelah timur gedung Pusat Universitas Pancasakti Tegal  dan gedung Fakultas Teknik, sebelah selatan Masjid Darulhikmah.

Perpustakaan  Pusat Universitas Pancasakti Tegal menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan standar nasional pendidikan. Menyelenggarakan layanan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang mutakhir untuk mewujudkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi : pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai unit pendukung akademik Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal memiliki peranan dan tanggung jawab untuk menyediakan dan senantiasa meningkatkan kualitas penyediaan berbagai ragam informasi, terutama yang berhubungan dengan kegiatan akademik sivitas akademika, berupa fasilitas layanan informasi dalam bentuk cetak maupun digital.

 

Visi dan Misi

Visi Perpustakaan  adalah mewujudkan perpustakaan sebagai pusat pelaksanaaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang mutakhir.

Misi Perpustakaan

  1. Mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi yang ada untuk kepentingan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. Mengembangkan, mengorganisasi dan mendayagunakan koleksi
  3. Menyelenggarakan pendidikan pengguna
  4. Meningkatkan literasi informasi pengguna
  5. Melestarikan materi perpustakaan

Tujuan

  1. Menyediakan  materi  perpustakaan   dan   akses   informasi  bagi  pengguna   untuk     kepentingan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2.  Menunjang kurikulum dengan menyediakan informasi dan bahan pustaka   untuk mahasiswa dan dosen, sehingga program akademik dapat dilaksanakan.
  3.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif untuk  mendapatkan data/informasi, sehingga pemustaka dapat mengakses segala informasi/data baik melalui brosur, leaflet, internet dll.
  4.  Membantu melestarikan karya ilmiah civitas akademika berupa : tugas akhir, skripsi, Thesis, disertasi, prosiding dll.
  5.  Berpartisipasi aktif dalam komunitas perpustakaan dan institusi pendididikan yang melalui program pengembangan berkelanjutan : seminar, lokakarya, pelatihan, dan kegiatan antar perpustakaan dan terus mengembangkan sistem jaringan informasi secara internal, regional, nasional maupun internasional.
  6. Mengembangkan koneksi dengan semua perpustakaan Fakultas dengan memanfaatkan WEBSITE UPS sehingga resource sharing dapat dicapai.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal sesuai dengan       standar perpustakaan yang ada. Dimanfaatkan dan dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal memiliki luas gedung sekitar 684 m2.

Perpustakaan  Pusat menyediakan  gedung  dengan ruang yang cukup untuk koleksi,  staf  dan penggunanya.  

  1. Ruang Koleksi Terdiri dari ruang koleksi buku,  ruang koleksi majalah ilmiah.
  2. Ruang Pengguna Terdiri dari ruang baca dengan meja baca, ruang Internet,    ruang diskusi, lemari katalog/komputer, meja sirkulasi, tempat penitipan tas dan toilet.
  3. Ruang Staf Terdiri dari ruang pengolahan, ruang penjilidan, ruang pertemuan, ruang penyimpanan buku yang baru diterima, dapur dan toilet.

Keanggotaan

Persyaratan menjadi anggota Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal adalah :

  1. Mahasiswa Universitas Pancasakti yang telah heregistrasi, dengan bukti menunjukkan Kartu Mahasiswa yang masih aktif.
  2. Bagi Dosen dan Karyawan UPS menunjukkan identitas diri yang berlaku. Mengisi  formulir Kartu Anggota Perpustakan.
  3. Pemustaka dari instansi luar/masyarakat umum hanya bisa menggunakan fasilitas baca di tempat dan harus mencatatkan di bagian informasi.

 

Sistem Pelayanan

Layanan Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal dilakukan secara prima dan berorientasi bagi kepentingan pemustaka, dengan memakai sistem pelayanan terbuka atau open access system. Dalam sistem ini semua pengunjung secara bebas mencari dan memilih sendiri buku-buku yang dibutuhkan. Setelah mendapatkan buku yang dicari, secara langsung diberikan pada petugas untuk diproses. Jika pengunjung datang ke perpustakaan  hanya membaca-baca,   maka setelah membaca buku-buku tersebut di letakkan di meja yang telah disediakan di ruang baca.   Di seluruh ruang perpustakaan dilengkapi CCTV yang bisa merekam gambar dan suara di ruang peminjaman, ruang baca, dan kantor perpustakan selama 30 (tiga   puluh) hari. Alat ini tidak dirahasiakan, sebab secara Psikologis diharapkan pengunjung dan petugas perpustakaan tidak melakukan pelanggaran tata tertib yang ada, untuk mengurangi kehilangan, kerusakan buku, skripsi yang ada.   Ada beberapa bentuk layanan, diantaranya adalah :

  1. Layanan Sirkulasi.
  2. Layanan Referensi.
  3. Layanan Digital.
  4. Layanan Pinjam antar Perpustakaan
  5. Layanan Pendidikan Pengguna
  6. Layanan Penelusuran Informasi.
  7. Layanan Skripsi.
  8. Layanan Foto Copy.

Sistem peminjaman dan pengembalian buku memakai kartu anggota yang berbarcode dan buku yang berbarcode secara komputerisasi.

 

Koleksi Buku

Dalam setiap tahun Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti menambah jumlah buku. Jumlah buku di Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal per April 2016 ada sekitar 29499 buku dengan 18378 judul buku.

 

Pengunjung

Pengunjung Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal tahun 2016 ada sekitar 20059 orang yang terdiri mahasiswa, karyawan dan dosen Universitas Pancasakti Tegal serta tamu dari instansi luar / masyarakat umum.

 

Kerjasama

Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal membuat perjanjian kerjasama dengan beberapa kantor / instansi di daerah sekitar Kota Tegal. Kerja sama tersebut adalah :

  1. Perjanjian Kerja Sama antara Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal dengan  Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal Tentang Pengembangan Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Perjanjian Kerja Sama antara Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal dengan  AMIK YMI  Tegal.
  3. Perjanjian Kerja Sama antara Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal dengan  Kantor  Arsip  Dan  Perpustakaan  Daerah  Kota  Tegal  Tentang  Kerja  Sama Perpustakaan.
  4. Perjanjian Kerja Sama antara Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal dengan  Kantor Perpustakaan  Dan  Arsip Daerah Kota Pekalongan  Tentang  Kerja Sama Perpustakaan.

Para Pihak  bekerja  sama  untuk  saling  menunjang  dan  saling  membantu  dalam melaksanakan berbagai program kerjasama dengan saling memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang ada di lingkungan masing-masing.