MENU
LINK JOURNAL


JASAPUSPERTI














writing service bachelor

Kegiatan Fumigasi Koleksi UPT Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal

Dalam rangka pelestarian dan pemeliharaan bahan pustaka, Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal melaksanakan kegiatan fumigasi. Salah satu tujuan Fumigasi perpustakaan adalah mencegah, mengobati dan mensterilkan bahan pustaka dari gangguan serangga. Langkah ini merupakan langkah yang ampuh untuk mencegah dan membasmi wabah akibat serangga agar bahan pustaka tetap terjaga lama, dan tentunya akan mengurangi proses pelapukan koleksi

*Kegiatan Fumigasi Koleksi UPT Perpustakaan oleh UB -JASTASMA BULOG KANWIL JAWA TENGAH
 
Kegiatan fumigasi dilaksanakan pada tanggal 27 Mei sampai dengan 1 Juni 2021, Fumigasi adalah salah satu cara melestarikan bahan pustaka dengan cara mengasapi bahan pustaka dengan bahan kimia guna  membasmi biota yang dapat merusak bahan pustaka. Sifat dari bahan kimia yang berupa methyl bromide/phost toxsin tersebut menguap sehingga setelah dilepas, bahan kimia tersebut akan berafiliasi keseluruh ruangan yang ada. Bahan kimia tersebut juga dapat menetralisir sifat kimiawi kertas yang usang agar tidak mudah rapuh.
 

*Kegiatan Fumigasi Koleksi UPT Perpustakaan oleh UB -JASTASMA BULOG KANWIL JAWA TENGAH
 
Kegiatan Fumigasi ini dilakukan oleh petugas professional dari UB -JASTASMA BULOG KANWIL JAWA TENGAH, kegiatan ini merupakan fumigasi pertama yang dilakukan oleh perpustakaan. Untuk kedepannya, Perpustakaan akan berusaha untuk rutin melakukan fumigasi demi menjaga pelestarian bahan pustaka yang ada.
 
 

*kondisi ruangan yang akan difumigasi

 

Sehubungan dengan adanya kegiatan fumigasi tersebut, layanan UPT Perpustakaan ditutup sementara selama 4 hari kerja yaitu pada tanggal 27-31 Mei 2021. Hal tersebut dilakukan untuk mengikuti prosedur kerja dari kegiatan Fumigasi yaitu penutupan semua titik masuknya udara ke dalam bangunan/ruang yang akan di fumigasi dan juga bahan kimia  dari fumigasi sendiri bersifat racun.  Ruangan UPT Perpustakaan yang dilakukan kegiatan fumigasi dapat digunakan kembali pada hari senin 2 Juni 2021.

 

*kondisi ruangan yang akan difumigasi